Cara Upgrade OS Android

Diposting pada

Cara Upgrade OS Android– Android merupakan salah satu sistem operasi ponsel populer setelah iOs. Sistem operasi satu ini merupakan besutan raksasa dunia, Google. OS terus berkembang mengikuti teknologi baru para vendor smartphone. Perilisannya di pasaran selalu bersamaan dengan produk baru perangkat seluler.

Namun, tidak semua vendor seluler bekerjasama memberikan upgrade Android untuk penggunanya. Itulah mengapa, cukup banyak pengguna smartphone yang tidak mengetahui versi terbaru untuk perangkatnya. Beberapa vendor posel juga tidak sekaligus memasukkan pembaruan, mereka lebih sering memberikan upgrade bertahap.

Sejauh ini sudah cukup banyak versi upgrade yang dilakukan oleh OS Android. Diantaranya adalah versi AndroidQ, Pie, Oreo, Nougat, Marsmalloe, dan banyak lagi. Pada kesempatan kali ini, artikel secara khusus akan membahas cara upgrade OS Android. Terdapat 3 cara beserta keuntungan update versi OS. Dari pada penasaran berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Melalui OTA Cara Upgrade OS Android Termudah

Cara Upgrade OS Android– Settingan smartphone Android default memiliki opsi untuk memproses sistem secara OTA. Pengguna juga dapat memeriksa secara berkala, terkait informasi pembaruan sistem operasi. Keuntungan memakai cara updating OTA, diantaranya ukuran pembaruan smartphone tidak tergolong besar.

Karena updating akan disesuaikan sesuai skalanya, apakan pembaruan sebagian atau pembaruan menyeluruh. Bagi pembaruan minur, kebutuhan ukuran penyimpanan tidak mencapai puluhan GB. Bahkan anda bisa mendownload firmware, sembari mengoperasikan ponsel sekalipun.

Langkah ini sangat membantu pengguna Android yang tidak mempersiapkan perangkat lain. Seperti PC ataupun Laptop. Keseluruhan proses upgrade menggunakan smartphone milik Anda. Disamping itu proses update melalui OTA tidak mengharuskan keahlian khusus. Siapa saja bisa melakukan cara upgrade OS Android yang satu ini.

Sederhananya tahapan pembaruan mirip dengan permintaan update versi aplikasi ataupun game mobile. Anda hanya perlu mengikuti panduan secara teliti, maka kedepannya tidak ada proses upgrade yang gagal.

Petunjuk Upgrade Android Via OTA

Terdapat 3 hal utama yang perlu pengguna perhatikan sebelum memulai proses upgrade OS Android. OTA membutuhka koneksi internet yang stabil, apabila kuota pada kartu seluler dirasa kurang atau naik turun sinyalnya. Silahkan ganti koneksi menjadi WiFi, Anda dapat pula mencoba jaringan WiFi tetangga secara gratis.

Sisakan ruang penyimpanan internal lebih dari 2 GB, pasalnya kita tidak pernah mengetahui berapa banyak memori yang diperlukan. Daya baterai juga tidak boleh kurang dari 50%, apabila ponsel kehilangan daya saat proses upgrading sistem terjadi. Maka Anda perlu mengulangi proses tersebut dari awal lagi.

Selebihnya, urutan cara mengupdate versi OS Android pada ponsel apapun serupa. Sekiranya ditemukan perbedaan, tentu tidak begitu kentara perbedaanya. Berikut tahapan-tahapannya:

  • Buka menu pengaturan – pilih opsi about phone.
  • Pilih opsi check system update – tercantum perintah upgrade (jika ada pembaruan).
  • Lanjutkan dengan menekan opsi unduh. Tunggu hingga proses unduh versi terbaru rampung.
  • Tekan opsi konfirmasi untuk memulai proses reboot smartphone.
  • Lanjutkan dengan merestart smartphone begitu proses upgrading selesai. Jangan pergunakan ponsel atau berusaha mengeluarkannya dari proses.

Cara Update Versi Sistem Android Offline

Proses update versi sistem Adroid offline membutuhkan perangkat lain seperti komputer. Cara update satu ini kurang ideal bagi pengguna smartphone awam. Pasalnya disela-sela updating, akan muncul sejumlah istilah Android yang membutuhkan pengetahuan user.

Langkah awal yang Anda perlu lakukan sebelumnya adalah memiliki firmware sesuai tipe smartphone. Bootloop bisa saja terjadi dan menimbulkan kepanikan jika user salah mengunduh firmware. Metode upgrading OS Android harus masuk ke mode paling sesuai kondisi perangkat. Antara unduh mode, fastboot, recovery mode dan lainnya.

Setiap metode menyimpan kemudahan dan kesulitannya masing-masing. Sebaiknya pastikan kembali kondisi perangkat sebelum memulai proses upgrade. Manfaatkan opsi upgrade Android offline dari sejumlah vendor seluler. Sehingga prosedur tidak memerlukan ada atau tidaknya jaringan internet.

Ketika Anda hendak menggunakan file firmware, silahkan unduh pada situs resmi vendor smartphone yang Anda gunakan. Setelahnya pindahkan firmware tersebut ke memori internal melalui komputer.

Beberapa brand ponsel memiliki sistem otomatis yang bisa mendeteksi file firmware terbaru. Sehingga secara langsung akan menyimpan file tersebut pada memori internal smartphone. Segera lanjutkan dengan memilih opsi upgrading dengan masuk ke menu pengaturan.

Buka menu pengaturan – cari about phone – pilih opsi update from file – arahkan file firmware pada lokasi penyimpanan. Akhiri dengan mengkonfirmasi restart, maka perangkat akan melakukan proses upgrade. Ponsel Anda akan menyala otomatis setelah proses update sistem rampung.

Metode upgrade OS Android ke versi sistem terbaru, menawarkan lebih dari sekedar tampilan anyar. Smartphone akan terlindungi sistem securitas yang lebih baik, sesuai dengan versi terbaru OS untuk Android.

Upgrade Android Via Website Official Vendor

Panduan upgrade Android via website official vendor masih memanfaatkan perngkat komputer. Anda perlu mengakses situs sesuai dengan merek pada smartphone. Selanjutnya cari support page dan pilih opsi untuk unduh. Isi pertanyaan terkait detail perangkat dan ajukan aplikasi untuk registrasi sistem upgrading operasi terbaru.

Carai informasi updating yang tersedia, kemudian Instal perangkat lunak pada device management. Koneksikan perangkat pintar Anda menggunakan USB pada PC atau laptop. Buka device management – pilih opsi update – ikuti petunjuk pada layar komputer. Tunggu hinga proses updating selesai seluruhnya.

Pembaruan Sistem OS Android Versi Custom ROM

Adapula cara lain untuk pembaruan sistem OS Android versi custom ROM. Custom ROM bukanlah versi Android murni, melainkan telah dimodifikasi agar menyesuaikan kondisi perangkat. Umumnya pilihan ini dapat user gunakan, apabila device tidak memiliki versi new upgrade kembali.

Bagi pengguna yang menginginkan pembaruan maksimal, juga bisa mencoba flash custom ROM. Sebelum itu pastikan jika ponsel memiliki sistem custom recovery. Sebab proses flashing Custom ROM akan dilakukan melalui sistem custom recovery. Selesai proses upgrade OS berhasil, maka smartphone mampu bekerja lebih cepat.

Keuntungan Upgrade OS Android

Banyak pengguna yang belum begitu paham, apa saja keuntungan dari mempelajari cara upgrade OS Android. Hal pertama yang paling terlihat adalah komptibilitas smartphone lebih optimal. Pernahkah Anda melihat aplikasi berhenti bekerja dan keluar sendiri? Hal tersebut disebabkan sistem Android yang tidak sesuai versinya.

Sistem keamanan perangkat juga lebih terjamin, karena versi Android menyesuaikan situasi terkini perangkat. Hal tersebut juga mencangkup perlindunga atas virus-virus ponsel terbaru. Peretasan gaya baru dan banyak hal kejahatan cyber, cara ini juga bisa masuk lewat instalasi aplikasi. Termasuk situs yang pengguna buka lewat iklan pop up atau redirect site.

Tampilan ponsel jelas lebih nyaman setelah melalui proses updating sistem. User interface akan terintegrasi lebih ringan bagi pengguna. Sehingga efektifitas kerja pengguna semakin optimal dan produktif.

Dapatkan pula berbagai fitur baru yang mendukung perfoma ponsel. Misalkan ponsel yang tadinya tidak bisa mirroring ke perangkat lain. Kompatibilitas untuk kebutuhan mirroring perangkat. Disamping itu error akan hilang, karena update software mampu mengatasi permasalah terkait kompatibilitas smartphone.

Mungkin Anda bingung melihat ponsel tiba-tiba lemot, hal ini terkait lawasnya sistem Android pada device. Dengan melakukan upgrading jelas memperbaiki situasi  tersebut. Jangan kaget jika Anda merasa seperti memakai smartphone baru. Demikian pembahasan seputar cara upgrade OS Android, semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *