Cara Reset Printer Epson L120
Cara Reset Printer Epson L120

Cara Reset Printer Epson L120

Diposting pada

Beberapa cara Reset Printer Epson L120. Apakah printer epson L120 milik kamu ahir-akhir ini mengalami error sehingga menyebabkan beberapa permasalahan seperti :

Kamu tidak bisa melakukan print, atau printer milikmu hanya menampilkan lampu indikator yang selalu berkedip-kedip? Jika iya, kamu wajib mengetahui cara untuk me-reset printermu, agar kamu bisa memperbaikinya dari error dan semua permasalahan yang ada.

Printer epson L120 yang menampilkan tanda indikator berkedip di sertai munculnya notifikasi service required atau waste ink full, berarti memberikan pesan atau kode kepada mu bahwa printer tersebut sedang bermasalah atau mengalami error.

Pasti sangat menyebalkan ya ketika kita sedang membutuhkan printernya untuk mencetak dokumen, tetapi printer nya malah tidak bisa di gunakan.

Tapi gak usah khawatir, cara membetulkan printer epson L120 sebenarnya sangat gampang. Kamu cuma perlu mereset printermu supaya dapat digunakan dengan normal lagi.

Printer L120 yang error atau tidak bisa digunakan itu disebabkan karena berbagai macam kendala, kamu bisa mengecek apa alasan atau penyebab dari error tersebut supaya di kemudian hari tidak terjadi lagi.

Cek Penyebab Error Epson L120

Ketika printer Epson mu terdapat beberapa error dan tidak dapat mencetak dokumen apapun, yang biasanya muncul adalah pesan “Ink waste is full“, “it is nearly time to reset the ink levels“, “it is time to reset the ink levels“, “service required“, maupun “Ink pad is at the end of its service live” di layar komputer mu, nah sebaiknya cobalah untuk melakukan pengecekan awal pada komponen” printer yang bisa juga menjadi penyebab utama dari semua permasalahan tersebut. Komponen printer yang bisa kamu cek antara lain :

  1. Tabung Tinta – Cobalah periksa tinta yang ada di dalam tabung printermu. Jika habis, lakukan pengisian ulang. Perhatikan juga selang yang menghubungkan tabung ke printer jangan sampai macet terjepit.
  2. Cartridge – Periksa juga cartridge printer jangan sampai terhalang oleh benda-benda asing, serta bersihkan jika ada kotoran atau tinta yang meluber. Atau lepas cartridge dan sedot sisa tinta yang ada di dalamnya, lalu pasang kembali.
  3. Roller – Buka penutup printer dan pastikan roller tidak macet yang bisa disebabkan oleh adanya kertas atau serpihan kertas (paper jam) yang terjepit didalamnya.
  4. Tabung Pembuangan Sisa Tinta – Faktor lain yang juga bisa membuat printer berkedip adalah karena tabung pembuangan sisa tinta sudah penuh.
  5. Kabel USB – Periksa kabel USB. Pastikan tidak bermasalah atau sudah terpasang dengan baik.

Artikel menarik Lainnya

Cara Mudah Aktivasi Microsoft Office 2016 + Serial Number

Alternatif Lainnya

Bila pengecekan awal di atas sudah di coba tapi masih tidak bisa mengatasi permasalahan printermu, maka sebaiknya lakukan reset total. Reset total berfungsi agar printer mengembalikan semua konfigurasi ke posisi semula serta membersihkan segala sisa-sisa data yang telah lama tersimpan di chip printer.

Contohnya mengembalikan jumlah maksimum halaman atau kertas yang sudah di cetak menjadi nol, menormalkan kembali ink pad, mengembalikan pengaturan awal printer dsb.

Nah melakukan reset printer Epson L120, setidaknya ada dua cara yang bisa kamu coba.

Cara yang pertama, kamu tidak memerlukan software atau aplikasi. Tips ini bisa kamu coba jika printermu mengalami error tinta. Yang kedua, kamu bisa memakai aplikasi reset printer epson. kamu bisa menggunakan langkah ini kalau printermu selalu menampilkan indikator lampu yang berkedap-kedip.

Selain itu, beberapa cara ini juga bisa kamu pakai sebagai solusi untuk mengatasi printer epson pada semua seri L, tidak hanya pada printer L120.

Cara Reset Printer Epson L120 Manual

Kamu bisa mencoba trik reset printer epson karena ink level ini hanya dengan melakukan reset secara manual atau tanpa software/aplikasi. Masalah ini bisa di tandai dengan lampu indikator tinta yang hidup kemudian diam dan printer mu masih tidak bisa di pakai untuk mencetak dokumen

Beberapa langkah untuk me reset epson l120 setelah isi tinta atau kehabisan tinta :

  1. Hidupkan printer epson mu.
  2. Tekan tombol power bersamaan dengan tombol resume selama 5 detik.
  3. Tekan sekali lagi dua tombolnya selama 2-3 detik.
  4. Biarkan printermu sementara.
  5. Lalu printer epsonmu akan bekerja kembali dengan normal.
  6. Selesai.

Jika cara di atas masih tidak bisa untuk mengatasi printer epson L120 milikmu yang error. Kamu bisa mencoba cara selanjutnya, yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi resetter printer epson.

Aplikasi Resetter Epson L120

Aplikasi ini bisa membantu mu untuk menyelesaikan semua masalah yang ada di printer epson L120 milikmu. Selain itu, resetter ini juga bisa di pakai secara gratis dan ampuh untuk semua epson seri L.

Cara reset epson l120 menggunakan resetter :

  1. Pastikan kamu memiliki aplikasi resetternya terlebih dahulu. Jika belum, kamu mengunduhnya di sini.
  2. Extract dan install applikasinya di komputer atau laptop.
  3. Hidupkan printer epsonmu .
  4. Kemudian buka aplikasi resetter nya.
  5. Kemudian klik tombol Select.
  6. Pilih L120 atau sesuaikan dengan versi / seri printer epson mu.
  7. Kamu harus memilih menu Particular Adjustment Mode.
  8. Pilih Waste Ink pad counter.
  9. Untuk Port USB sebaiknya pilih Auto Selection. Lalu tekan OK.
  10. Centang kotak yang ada pada main pad counter. Dan lanjutkan dengan meng-klik Check. Tujuannya agar menampilkan beberapa informasi penting printer, dan juga termasuk jumlah kertas yang telah dicetak.
  11. Klik centang lagi pada Main pad counter lalu lanjutkan dengan menekan tombol Initialization. Kemudian tunggu lah sampai proses reset selesai dilakukan.
  12. Sekarang kamu dapat melakukan restart pada printer epson mu.

Jika kamu sudah mengikuti panduan di atas, printer epson L120 mu akan bekerja dengan normal dan baik kembali. Masalah yang ada pada printer epson L120 sekarang sudah hilang menggunakan aplikasi resetter. Apabila masih belum juga, Mia Pielle Alpha akan memberikan solusi terakhir untuk kamu.

Solusi Gagal Reset Epson L120

Nah, jika sudah mencoba semua tahap pemeriksaan penyebab masalah terjadinya error dan juga sudah melakukan proses reset tapi masih tidak berhasil dan lampu indikator printer Epson L120 mu masih berkedip, cobalah beberapa solusi di bawah ini.

  1. Bersihkan lagi kedua cartidge dan sedot atau keluarkan tinta yang ada di dalamnya.
  2. Perhatikan juga apakah pemasangan cartridge berwarna dan hitam tidak tertukar.
  3. Bersihkan busa pada tempat cartridge berhenti, yang ada di sebelah kanan sampai benar-benar kering.
  4. Pastikan juga selang tinta tidak menghalangi jalur cartridge.
  5. Sedot sisa tinta yang ada di dalam tabung atau vacum pembuangan.
  6. Kamu juga bisa mencoba mencabut kabel power sekitar 3 menit sebelum kamu melakukan reset.
  7. Cara terakhir adalah memastikan bahwa roller tidak terhalang oleh benda-benda maupun sisa kertas.

Ketika semua solusi tadi sudah dicoba namun printermu masih tidak dapat berfungsi dengan baik, mungkin ini sudah saatnya untuk kalian bawa ke tukang service terdekat yang ada di tempat kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *