Cara Menghilangkan Iklan di Chrome Android

Diposting pada

Cara Menghilangkan Iklan di Chrome AndroidAds promo yang muncul tiba-tiba di smartphone android seringkali mengganggu. Umumnya iklan muncul di browser atau aplikasi dan game tertentu. Banyak pengguna smartphone akhirnya membutuhkan cara menghilangkan iklan di chrome.

Alasan yang mendasari memang beragam, tetapi sebagian besar untuk kepentingan securitas dan kenyamanan. Bukan rahasia lagi jika iklan redirecting dan pop up kerap terselip virus malware.Virus malware mampu merusak sistem keamanan ponsel, termasuk mencuri sejumlah data penting.

Disamping itu terlalu banyak kolom iklan membuat konten sulit terbaca. Bahkan perangkat harus bekerja lebih berat lantaran menyedot data internet dan pemakaian baterai. Artikel ini akan membantu Anda menemukan solusi menghapus annoying ads. Jadi pastikan membaca hingga akhir informasi. Check this out!

Berbagai Solusi Menghilangkan Iklan di Chrome Android

Cara Menghilangkan Iklan di Chrome Android– Pada dasarnya ads internet merupakan upaya bagi situs, apps, dan game memperoleh tambahan pemasukan. Umumnya Anda mendapati iklan pada aplikasi tak berbayar.

Tapi kadangkala iklan juga muncul pada game premium. Selama intensitas munculnya ads masih normal tentu tidak mengganggu. Pasalnya ads sangat membantu pemilik site dan website developer memperoleh income. Kita perlu akui jika iklan cukup mengganggu tampilan UI dan UX pengguna android.

Tidak sedikit pengguna mengharapkan, memperoleh cara menghilangkan iklan di Chrome yang ampuh. Tentu pengguna tidak ingin iklan yang kerap muncul membuka peluang malware masuk. Virus malware memang bisa berkamuflase sebagai iklan. Kemudian menyusup dan mulai merusak semua stabilitas smartphone.

Mari kita mulai upaya memblokir iklan dengan metode serupa di PC. yaitu melalui pengaturan browser android, berikut langlah-langkahnya:

Menghapus Iklan Gunakan Pengaturan Google Chrome

Google  Chrome bagi pengguna smartphone android kerap dipergunakan sebagai browser. Anda bisa mengatur pengaturan browser default ini untuk melindungi perfoma ponsel. Salah satunya yang cukup disarankan, yaitu sebagai solusi menghilangkan iklan popup dan redirecting di browser.

Cara menghapus ads dari chrome diakui sebagai upaya termudah tanpa root ponsel. Langkah pertama Anda perlu masuk ke halaman utama Chrome. Kemudian cari ikon dengan titik tiga (menu), pilih settings- lanjutkan dengan site settings.

Klik opsi Pop-up anda Redirecting, sehingga  fitu blokir iklan aktif secara otomatis menghalangi muncul. Pilih pula Ads bila Anda ingin memblokir iklan pada situs tertentu. Maka Anda harus memilih notifikasi menjadi berstatus blocked. Dengan begitu browser akan memlokir semua situs lainnya.

Langkah-langkah tersebut merupakan solusi memblokir iklan muncul, setiap kali Anda browsing pada situs apa saja. Agar lebih ampuh, aktifkan pula opsi browser lite alias mode hemat data. Letaknya terdapat di menu pengaturan.

Pengguna cukup menyalakan fitur lite mode yang terdapat di bagian bawah menu. Chrome dengan tampilan data saver mampu mencegah instalasi apps tertentu dari browser. Sehingga satu-satunya jalan untuk instalasi melalui PlayStore.

Hilangkan Iklan di Android Lewat Pengaturan Keamanan

Hilangkan iklan di android juga bisa melalui sistem pengaturan keamanan. Tujuannya adalah mematikan ijin instalasi aplikasi atau unduh apapun dari luar sumber terpercaya.

  • Masuk ke menu pengaturan ponsel- pilih opsi keamanan.
  • Non aktifkan opsi “Unknown Sources” artinya Anda tidak mengijinkan instalasi aplikasi apapun dari sumber yang tidak dipercaya.
  • Selanjutnya Anda bisa melalukan update sejumlah apps dari PlayStore
  • Pilih menu PlayStore – My apps & games, kemudian update aplikasi yang membutuhkan pembaruan.
  • Update new version akan disertai peningkatan sistem keamanan aplikasi tersebut.

Jangan memaksakan instalasi iklan tertentu apabila device tidak mengizinkan. Sebaiknya pergunakan smartphone dengan cara yang lebih aman. Apabila Anda menggunakan Chrome untuk perbaruan apps PlayStore. Aktifkan pula VPN bawaan ponsel sebagai upaya securitas data maksimal.

Perkuat Keamanan dengan Memasang Antivirus

Pengguna smartphone juga bisa memindai virus yang menyusup dari browser. Dengan cara memasang antivirus khusus android. Hal ini ampuh memblokir iklan mengganggu di smartphone. Sehingga user tidak perlu khawatir adware terinstal tanpa sengaja.

Sejauh ini AVG Antivirus 2021 cukup rekomendasi bagi pengguna smartphone android. Meskipun PlayStore menawarkan banyak sekali pilihan serupa. Anti virus satu ini hanya membutuhkan storage room sebesar 21MB. Fiturnya pun lengkap dan mampu memblokir iklan apapun.

Lebih dari 100 juta pengguna telah menginstal AVG, lantaran gratis dan mudah untuk diinstalasi. Anda hanya perlu masuk ke PlayStore, kemudian cari AVG Antivirus 2021 dan instal. Setelah apps terpasang sempurna lakukan proses scanning. Berkat AVG baterai ponsel lebih bertahan lama, termasuk perfoma kerja smartphone turut meningkat.

Ketahui Jenis Ads Pengganggu di Android

Jika penulis persempit, sebenarnya terdapat dua kategori iklan menggangu yang sering muncul. Yaitu iklan dalam aplikasi atau yang sering orang sebut sebagai Adware. Kemudian iklan bermasalah yang muncul di Chrome. Apabila intensitas iklan muncul cukup sering, kemungkinan ada software malware yang secar tidak sengaja terinstal.

Ciri-ciri adanya adware yang berhasil menyusup adalah:

  1. Iklan pop-up terus muncul.
  2. Tab baru pada Chrome tidak bisa pengguna tutup.
  3. Pengaturan browser Chrome menjadi kacau tanpa Anda otak-atik.
  4. Toolbar dari Chrome terus menerus muncul diluar kehendak pengguna.
  5. Browser terus diarahkan ke halaman yang tidak Anda kenal.
  6. Ponsel memunculkan informasi terinfeksi virus.

Kedepannya pengguna smartphone harap hindari, website yang dirasa tidak memiliki sistem keamanan. Apabila website yang Anda kunjungi tidak memiliki ikon gembok di pojok URL. Sebaiknya segera keluar dan pilih situs yang sudah jelas secure.

Gangguan Iklan Popup di Google Chrome

Iklan Popup di Adroid dapat membuat koneksi internet pada perangkat bekerja lambat. Lantaran terus menerus memuat situs ads android. Disamping itu perfoma RAM akan menurun sehingga tidak bekerja optimal. Iklan ini akan terus muncul dimana pun Anda menyentuh situs. Iklan bisa muncul secara berkala dan pastinya sangat mengganggu.

Cara Mengatasi Iklan Popup

Anda bisa mengatasi iklan Popup yang terus muncul seperti menolak iklan banner pada browser. Memasang aplikasi khusus pemblokir iklan cukup direkomendasikan. Sebab apps mampu mendeteksi URL iklan, sehingga sebelum muncul di halaman depan browser sudah terblokir. Salah satu hal yang bisa mematika langkah adaware adalah menonaktifkan proses JavaScript.

Iklan Redirecting Mengarahkan User URL Link

Iklan redricting juga tidak kalah mengganggu dari iklan popup. Ad redirecting tidak sekedar muncul, tetapi juga mengarahkan user langsung ke website tertentu. Umumnya iklan redirecting banyak mengandung virus Malware. Penting sekali mengatifkan anti virus selain melindungi device lewat pengaturan Chrome.

Rekomendasi Aplikasi Penghapus Iklan di Chrome

Berhubung aplikasi penghapus iklan di Chrome cukup bervariasi. Pada kesempatan kali ini, penulis akan merekomedasikan sejumlah apps yang ampuh memblokir ad bandel. Pastinya semua apps bisa Anda instal hanya melalui PlayStore. Biasakan untuk tidak menginstal aplikasi apapun diluar sumber terpercaya.

AdClear

Aplikasi AdClear lumayan populer diantara pengguna android Indonesia. Selain menghilangkan iklan pada tampilan Google Chrome. Apps juga bekerja pada aplikasi tanpa biaya subscription. Ikon shield merupakan fitur untuk melihat sudah berapa banyak iklan yang terblokir.

Keunggulan dari AdClear beberapa diantaranya adalah membuat umur baterai lebih panjang, Jenis iklan yang bisa aplikasi blokir beragam, mulai dari banner, redirecting, video, dan pop up. Ponsel Anda akan terlindungi dari iklan pishing, malware, scrapiing data dan banyak lainnya.

Pilih opsi power untuk memulai proses proteksi perangkat. Segera tekan tombol OK begitu notifikasi VPN selesai. Membutuhkan beberapa saat hingga proses proteksi selesai.

AdAway

AdAway bekerja optimal pada smartphone android yang telah di root. Apps menggunakan file host untuk menghalangi iklan sederhana. Cara kerja file host adalah membelokkan iklan ke arah lain. Sehingga tidak muncul di perangkat Anda, aplikasi tersedia gratis di Google PlayStore.

  • Unduh aplikasi dan instalasi pada smartphone.
  • Tunggu proses instalasi apps berakir dan muncul izin akses.
  • Pilih opsi grant untuk mengijinkan AdAway memproteksi ponsek Anda.
  • Lanjutkan dengan pilih unduh files and apply ad blocking.
  • Proses pemblokiran iklan selesai ditandai dengan notifikasi proteksi berhasil
  • Lakukan reboot smartphone kemudian periksa kembali Chrome.
  • Pastikan apakah iklan popup sudah tidak muncul di halaman browser.

 AdBlock Browser

AdBlock mampu bekerja optimal terlepas ponsel telah di root atau belum. Kedepannya aplikasi akan menghilangkan semua jenis ikan. Bukan hanya iklan redirecting dan popup, melainkan termasuk iklan banner hingga iklan video.

AdBlock Plus

Manfaatkan kemampuan Adblock Plus yang bisa Anda unduh gratis di PlayStore. Aplikasi akan mengarahkan pengguna secara langsung ke setting perangkat. Tujuannya adalah menonaktifkan opsi pemblokir iklan. Pilih opsi more blocking supaya nda dapat memilih menonaktifkan sumber iklan mengganggu. Pengguna juga bisa menambahkan filter lainya.

Konklusi

Pengguna smartphone android terus meningkat jumlahnya. Bahkan di tahun 2020 tercatat pengguna android mencapai total 3.5 miliar orang. Sudah bukan rahasia jika iklan liar yang muncul sembarangan sangat mengganggu aktivitas pengguna android.

Artikel ini telah menjelaskan apa saja cara menghilangkan iklan di Chrome. Bukan hanya pengaturan manual yang dapat memblokir iklan. Menggunakan aplikasi tambahan rupanya memudahkan upaya melindungi smartphone.

Kedepannya Anda bisa nyaman berselancar menggunakan Chrome, tanpa perlu ternggangu iklan popup dan redirecting. Selain itu cobalah menghaspus history cache dan cookies. Dijamin ponsel tidak mudah tersusupi adware atau virus malware, semoga membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *