Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Diposting pada

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android– Pengguna smartphone seringkali panik dan bingung. Ketika tanpa sengaja membuang data penting yang tersimpan di gallery ponsel. Urusan merestore data memang kerap membuat seseorang harap-harap cemas.

Maklum saja tidak semua file yang hilang bisa kembali seperti semula. Oleh sebab itu antisipasi penarikan data yang raib harus segera Anda lakukan. Dengan mempelajari cara mengembalikan file yang terhapus di android. Artikel ini akan menjabarkan upaya  antisipasi apa saja bagi pemilik smartphone. Tanpa perlu berlama-lama berikut adalah penjelasan lengkapnya, check this out!

Rekomendasi Terbaik Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Memori ponsel pada android kerap membuat pengguna menumpuk file dalam waktu yang lama. Umumnya data yang kerap menumpuk di memori internal dan eksternal adalah foto, musik, dan video. Sehingga begitu harus menghapus sejumlah data, tanpa sengaja file penting ikut terbuang.

Permasalahan yang sering terjadi, pemilik ponsel terlambat menyadari hilangnya data. Padahal file terhapus dalam jangka waktu lama akan sulit untuk dikembalikan. Sulit bukan berarti tidak mungkin untuk Anda dapatkan kembali.

Apabila data hilang kurang dari 30 hari, Anda dapat mencoba cara mengembalikan file yang terhapus memanfaatkan fitur Google. Google dan smartphone android memang bisa saling terkoneksi. Salah satu contohnya adalah Google Photo dan Google Dreve.

Google Photo terkoneksi dengan gallery smartphone, sehingga semua gambar dan video yang terhapus berada di fitur trash. Cara ini khusus bagi pengguna yang ponselnya sejak awal sudah terhubung dengan fitur Google Photo.

Anda tinggal menekan fitur menu pada Google Photo kemudian pilih ikon tempat sampah. Trash merupakan fitur yang menyimpan permanen semua file dari gallery. File akan tersimpan hingga 60 hari lamanya di fitur tersebut. Klik foto yang anda ingin kembalikan kemudian pilih opsi restore.

Sementara itu dokumen pdf, doc, ppt, dan banyak lagi yang terhubung langsung dengan Google Drive. Dapat Anda restore ke tempat semula melalui fitur trash. Masalahnya banyak pemilik smartphone android yang tidak mengkoneksikan ponselnya pada kedua aplikasi tersebut.

Jika sudah demikian, maka pemilik android membutuhkan bantuan aplikasi. Berikut adalah rekomendasi aplikasi yang bisa Anda manfaatkan. Untuk mengembalikan file yang terhapus di Android.

Kembalikan Data Memakai DiskDigger

DiskDigger merupakan aplikasi khusus android yang bisa siapa saja unduh di PlayStore. Kabar baiknya apps tidak menerapkan biaya berlangganan. DiskDigger menjadi rekomendasi pertama mengembalikan data yang hilang dari ponsel. Tanpa perlu menyimpan file pada cloude storage seperti Drive.

Apabila file terhapus dari memori internal dan eksternal, DiskDigger siap untuk mengumpulkannya kembali. Aplikasi ini tidak mengharuskan pemilik ponsel melakukan rooting. Sehingga sistem garansi bawaan pabrik masih aman meski menggunakan layanan dari DiskDigger. Aplikasi akan memfilterisasi data sesuai jenis, ukuran dan tanggal, membuat Anda lebih cepat menemukan file terhapus.

Panduan Menggunakan DiskDigger

  1. Buka aplikasi untuk memilih folder dari lokasi file yang datang terhapus dari ponsel.
  2. Proses mengembalikan data terhilang membutuhkan waktu. Harap bersabar hingga aplikasi selesai bekerja.
  3. Begitu proses selesai terkumpul maka file yang Anda maksud akan langsung tertampilkan.
  4. Pengguna cukup menandai centang file yang akan di restore. Kemudian akhiri dengan menekan tombol save.
  5. Periksa kembali folder awal untuk memastikan apakah data sudah aman seperti semula.

Software Recuva

Software Recuva bisa Anda manfaatkan merestore data yang hilang pada smartphone. Pemindaian mencangkup bagian memori internal ataupun eksternal. Hanya saja pengguna bukan menginstalnya pada ponsel. Melainkan harus menghubungkan perangkat ke device komputer.

Selanjutnya layar akan menampilkan langkah selanjutnya yang harus pengguna ikuti. Sistem navigas Recuva tidaklah sulit. Siapapun bisa mencoba untuk mengoperasikannya tanpa kesulitan. Anda bisa mengunduh gratis software melalui situs resmi mereka langsung dari browser.

Aplikasi Lengkap Pulihkan File EaseUS MobiSaver for Android

EaseUS MobiSaver for Android dipercaya mampu menemukan kembali file terhilang di smartphone. Proses pengembalian data juga tergolong cepat serta mudah. Bukan masalah harus menemukan kembali file doc, jpg, png, gif, mp3,mp4, hingga contact dan pesan.

Bahkan pengguna bisa pula mengandalkan EaseUS MobiSaver for Android untuk mengatasi serangan virus. Termasuk memperbaiki kesalahan pengoperasian device smartphone dan SD card. Sistem navigasi yang sederhana membantu Anda tanpa perlu terhubung PC.

Manfaatkan pula fitur preview before recovery untuk memilih file mana saja yang hendak Anda ambil. Pengguna akan lebih puas berkat tersedianya fitur ekspor data dalam banyak format, diantaranya adalah format CSV, HTML, dan VCF.

Manager Apps Android ES File Explore File Manager

Menggunakan apps ES File Explore File Manager untuk mengatasi file hilang setelah didownload.  Pastinya Anda pernah mengalami kehilangan data baru hasil unduhan. File tersebut sejatinya tidak hilang melainkan tersimpan otomatis pada folder tertentu.

Aplikasi satu ini sangat berguna membantu pengguna menemukan data yang hilang tersebut. Sejauh ini sudah lebih dari 4 juta pengguna percaya akan kualitas ES File Explore File Manager. Selain membuat Anda mendapatkan kembali data. Apps memiliki kapasitas scarping data cukup cepat sehingga efisien.

Kemana Mendapatkan Apps ES File Explore File Manager?

ES File Explore File Manager ibarat recycle bin pada komputer. Aplikasi satu ini memag mengelola semua file android tanpa terkecuali. Cara mengoperasikan apps juga tidaklah sulit, tentu saja sebelum itu harus instalasi dari PlayStore.

Kembalikan file terhapus di android dengan membuka apps pengelolaan. Kemudian klik menu apps yang terletak di sisi kiri. Aktifkan opsi reycycle bin dengan mengkilik fitur tersebut, nantinya semua file yang terlanjur terbuang akan ditemukan. Pilih mana saja data yang ingin anda dapatkan kembali.

Dumpster Kembalikan Data Terbuang di Android

Dumpster merupakan cara mengembalikan data terbuang di android. Fungsi utamanya adalah menjadi backup data . Artinya tidak ada kemungkinan Anda kehilangan file selamanya meski sudah lewat beberapa waktu. Kita sama-sama memahami jika proses restore data tidak mungkin sukses 100%.

Dumpstore memanfaatkan cloud storage sebagi ruang penyimpanan backup data.  Cara mendapatkannya juga mudah, yaitu melalui Google Playstore. Urusan mengambil kembali foto, musik, video, audio, atau dokumen apapun bukan masalah besar. Nilai lebihnya adalah tidak diperlukan langkah root ponsel untuk akses ke memori ponsel.

Berbagai Fitur Istimewa yang Aps Tawarkan

Dumpster sangat bisa pengguna andalkan mengembalikan file apapun yang terlanjur hilang. Karena tidak memerlukan rooting, jaminan garansi pabrik ponsel masih terjaga hingga kapanpun. Anda juga bisa mengoperasikan apps tanpa terhubung jaringan internet.

Tersedia pula fitur memulihkan apps yang teruninstal tanpa sengaja. Cukup menekan file yang pengguna inginkan, maka preview file akan muncul sebelum dipulihkan. Anda juga dapat membuat jadwal otomatis mengembalikan file terhapus. Aplikasi Dumpster menggunakan sistem securitas dengan kombinasi kunci khusus.

Wondershare Dr.Fone Jagoan Memulihkan File

Satu lagi software yang jagoan memulihkan file hilang android. Caranya cukup mengkoneksikan ponsel dengan software agar bisa memulihkan file yang hilang. Berbeda dengan aplikasi android, Wondershare Dr.Fone menggunakan PC atau laptop sebagai media.

Manfaatkan kabel USB untuk menghubungkan ponsel pintar ke sistem operasi komputer. Software memberikan perintah mengaktifkan USB di smartphone. Setelah ponsel dan PC terkoneksi, segera pilih mana saja jenis data yang hendak Anda kembalikan.

Software membutuhka waktu beberapa saat untuk melakukan pemindaian data. Setelah proses scanning selesai, maka semua file yang anda pilih akan terlihat. Segera lanjutkan dengan memilih opsi recover. Dengan begitu cara mengembalikan file yang terhapus di adroid terselesaikan.

Sejauh ini tidak sulit bukan mengikuti panduan memulihkan file di android?  Karena aplikasi memang dirancang memberi kemudaha bagi para penggunanya. Demikian pembahasan seputar recover file hilang semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *