cara membuat grup Teleram

Cara Membuat Grup Telegram

Diposting pada

Bagaimana cara membuat grup Telegram? Selain WhatsApp, aplikasi perpesanan yang tidak kalah populer adalah Telegram. Aplikasi ini memiliki beragam fitur menarik yang membuat siapa pun tidak bosan menggunakannya. Salah satu fitur yang terdapat pada Telegram adalah grup chat. Untuk fitur ini sebenarnya juga Anda temukan di beberapa aplikasi perpesanan lainnya.

Pada fitur ini, Anda bisa bergabung dengan banyak orang. Kemudian Anda bisa berkomunikasi dengan semua anggota yang ada di dalam grup tersebut. Biasanya grup chat banyak yang memanfaatkannya untuk membagikan berbagai informasi. Dari pada kita harus mengirimkan informasi tersebut satu-persatu, akan jauh lebih efektif jika langsung membagikannya di grup.

Untuk fitur grup chat di aplikasi Telegram sudah lama hadir. Meskipun begitu, tidak sedikit juga yang masih belum mengetahui bagaimana cara membuatnya. Untuk itu kami akan menjelaskan kepada Anda tentang bagaimana langkah-langkah untuk membuat grup chat di Telegram.

Apa Kelebihan Grup Chat di Telegram?

Seperti yang kami jelaskan bahwa fitur grup chat juga Anda temukan di aplikasi perpesanan atau media sosial yang lain. Namun grup chat di Telegram memiliki sesuatu yang berbeda. Bahkan apa yang ada pada Telegram tidak Anda temukan di aplikasi lainnya. Di dalam grup chat, Telegram menghadirkan lebih banyak fitur sehingga Anda akan lebih leluasa menggunakannya.

Namun terdapat satu keunggulan yang membuat Telegram dan WhatsApp memiliki perbedaan yang sangat jauh. Perbedaan tersebut terkait dengan jumlah orang yang bisa bergabung dalam satu grup. Untuk Anda yang pernah membuat grup di WA, maksimal anggota yang bisa masuk ke grup tersebut mungkin sekitar 250 atau 300 orang.

Lalu bagaimana dengan Telegram? Jumlah anggota yang bisa masuk untuk satu grup chat sebanyak 200.000 orang. Angka yang sangat fantastis yang mungkin hanya Telegram saja yang memiliki kelebihan ini. Meskipun begitu, memilik jumlah anggota yang terlalu banyak terkadang membuat grup tersebut sangat ramai. Kita tidak jarang kehilangan informasi penting karena tertutupi oleh komentar dari para anggota grup yang jumlahnya sangat banyak.

Begini Cara Membuat Grup Telegram

cara membuat grup Teleram

Bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara membuat grup di Telegram, maka kami akan membantu Anda. Di bawah ini merupakan langkah-langkah yang harus Anda ikuti jika ingin membuat grup di aplikasi Telegram. Jangan khawatir karena pada dasarnya membuat grup di aplikasi tidaklah sulit.

  • Silakan buka aplikasi Telegram di smartphone
  • Kemudian Anda tap di menu Grup Baru
  • Anda tinggal memilih mana nomor yang akan Anda masukkan ke dalam grup tersebut
  • Langkah selanjutnya adalah dengan men-tap pada ikon panah yang ada di bagian bawah
  • Jika Anda ingin memberikan gambar pada grup tersebut, silakan tap pada ikon kamera
  • Langkah terakhir, centang pada setiap ikon
  • Sekarang grup Telegram pun sudah bisa Anda gunakan

Jika Anda berperan sebagai admin, Anda memiliki akses yang lebih luas dari pada member di grup tersebut. Maksudnya, Anda bisa mengirimkan apa saja. Anda pun juga bisa melarang orang lain untuk masuk dan berkomentar di grup tersebut.

Mengelola Grup Chat di Telegram

Setelah mengetahui cara membuat grup Telegram, sekarang Anda juga perlu mengelola grup tersebut. Hal ini perlu Anda lakukan untuk membuat grup Anda lebih menarik. Apa saja hal-hal yang perlu Anda lakukan?

1. Mengubah Foto dan Nama Grup

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengubah nama maupun foto yang ada di grup Telegram. Cara mengubahnya adalah dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka grup Telegram
  • Silakan tap pada nama grup tersebut
  • Tap pada ikon pensil yang terdapat di sebelah kanan atas
  • Silakan Anda mengetik nama grup baru sesuai dengan keinginan Anda
  • Anda juga bisa tap pada ikon kamera jika hendak mengganti foto atau logo pada grup tersebut
  • Langkah terakhir, tap pada ikon centang untuk menyimpan semua pengaturan

2. Mengubah Pengaturan Privasi

Di dalam grup Telegram, terdapat dua jenis pengaturan privasi yang Anda pilih. Kedua jenis tersebut adalah private group dan public group. Perbedaan di antara keduanya yaitu:

  • Private Group: tidak semua orang bisa bergabung ke grup Telegram Anda. Hanya orang-orang yang mendapat undangan dari admin atau mendapatkan link grup saja yang bisa bergabung
  • Public Group: semua orang bisa bergabung ke grup Telegram Anda. Mereka bisa melihat berbagai foto, chat, dan lain-lain. Mereka juga bisa mencari grup Anda melalui username grup

Melalui kedua jenis pengaturan privasi ini, Anda bisa menentukan apakah grup Telegram Anda untuk semua orang atau hanya orang tertentu saja. Fitur ini juga merupakan fitur khas yang hanya Anda temukan di aplikasi Telegram.

3. Mengatur History Grup

Ini juga merupakan tahap yang tidak kalah penting di dalam mengelola grup Telegram. Anda bisa mengatur apakah anggota grup tersebut bisa melihat riwayat atau history grup sebelumnya. Jika Anda memilih pengaturannya menjadi “Tersembunyi”, mereka yang merupakan anggota baru tidak bisa melihat pesan sebelum mereka gabung ke grup tersebut.

Bagaimana Cara Membuat Channel di Telegram?

Baik ketika membuat grup maupun channel di Telegram, Anda tidak perlu menyiapkan cara-cara khusus. Anda bisa membuat channel dengan mudah menggunakan cara-cara yang akan kami bagikan di bawah ini. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut.

  • Silakan Anda buka aplikasi Telegram. Namun sebelum itu, Anda harus memastikan bahwa Anda sudah memperbarui aplikasi Telegram ke versi terbaru
  • Buka aplikasi Telegram
  • Kemudian Silakan klik pada logo mirip pensil yang ada di bagian bawah
  • Anda akan melihat beberapa pilihan. Karena tujuan Anda adalah membuat channel, maka silakan Anda pilih Channel Baru
  • Langkah selanjutnya, silakan memilih Buat Channel
  • Anda harus memberikan nama pada channel yang akan Anda buat
  • Jika sudah memberi nama, jangan lupa untuk mencentang logo yang terdapat di pojok atas
  • Anda perlu mengatur pengaturan dari channel tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda
  • Yang tidak kalah penting adalah Anda juga harus membuat tautan yang membuat orang mudah mengaksesnya
  • Selanjutnya, Anda perlu menambahka pengikut di opsi berikutnya
  • Sekarang Anda berhasil membuat channel di Telegram

Sekarang Anda sudah selesai membuat channel baru di Telegram. Anda bisa mengundang siapa saja agar mereka mengikuti channel Anda tersebut. Anda juga harus membuat channel Anda semenarik mungkin. Misalnya dengan menambahkan bot untuk menyambut para pengguna baru. Kemudian, Anda juga bisa menambahkan admin di bagian pengaturan Channel. Bisa juga dengan menyalin tautan pada channel Anda.

Channel yang ada di Telegram ini bisa menampung jumlah anggota yang sangat banyka. Bahkan jauh lebih banyak jika Anda membandingkannya dengan WhatsApp. Dengan begitu, Anda bisa berkounikasi dengan lebih banyak orang dan berbagai sesuatu dengan mereka.

Demikian informasi yang bisa kami berikan terkait bagaimana cara membuat grup Telegram. Anda juga sudah tahu bagaimana cara membuat channel Telegram. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *