aplikasi Telegram

Aplikasi Telegram

Diposting pada

Anda salah satu pengguna aplikasi Telegram? Selain WhatsApp, Telegram sudah menjelma sebagai salah satu aplikasi messenger terbaik saat ini. Aplikasi yang rilis pada Agustus 2013 terus mengalami peningkatan hingga membuatnya berada di level seperti sekarang.

Berkat kemajuan yang ada pada Telegram, kini aplikasi tersebut mampu bersaing dan bahkan bisa mengancam para pengguna WA. Ini terbukti dengan banyak  pengguna WhatsApp yang kemudian beralih menggunakan Telegram. Namun pada 2017 pemerintah Indonesia memblokir DNS Telegram karena aplikasi ini berpotensi menjadi sarang radikalisme, propaganda, terorisme, dan lain-lain.

Namun Telegram kembali bisa diakses. Sekarang jumlah penggunanya sudah lebih dari 400 juta yang tersebar di seluruh dunia. Sebuah angka yang sangat besar. Bahkan rata-rata pengguna Telegram meningkat sebanyak 1.5 juta per hari. Ini tidak lepas dari berbagai fitur dan kelebihan yang bisa Anda temukan dan mungkin hanya Anda temukan di Telegram.

Untuk itu kami akan menjelaskan secara lebih detail mengenai Telegram. Penjelasan kami meliputi fitur serta apa saja kelebihan aplikasi ini dari aplikasi messenger yang lain. Jadi, silakan simak informasi berikut.

Pengertian Aplikasi Telegram

aplikasi Telegram

Apa itu Telegram? Telegram merupakan sebuah aplikasi perpesanan multiplatform yang berbasi cloud. Aplikasi ini tersedia bukan hanya untuk pengguna Android. Anda yang menggunakan perangkat dengan OS Windows, Windows Phone, iOS, Ubuntu Touch, Linux, dan lain-lain sudah bisa menggunakannya. Dengan adanya Telegram, Anda bisa lebih mudah dalam teks, foto, audio, video, dan berbagai file lainnya.

Semuanya bisa Anda kirim dengan mudah dan cepat. Belum lagi dengan hadirnya berbagai macam fitur menarik di dalamnya. Bahkan ada beberapa fitur yang hanya bisa Anda temukan di aplikasi ini. Hal tersebut menjadikan Telegram semakin banyak yang menggunakannya. Lalu apa saja fitur yang ada pada Telegram?

Fitur-fitur Aplikasi Telegram

Seperti yang telah kami jelaskan bahwa aplikasi Telegram memiliki segudang fitur menarik dan canggih. Fitur-fitur inilah yang menjadi alasan mengapa semakin banyak orang yang menggunakan Telegram. Kira-kira apa saja fitur-fitur yang Anda temukan di Telegram? Berikut ini jawabannya.

1. Secret Chat

Fitur pertama yang kita bahas adalah Secret Chat. Jika kita terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, fitur ini memiliki arti pesan atau chat rahasia. Dari namanya Anda dapat mengetahui bahwa secret chat merupakan fitur yang berkaitan dengan privasi Anda. Telegram memang benar-benar melindungi privasi para penggunanya. Salah satunya dengan menghadirkan fitur canggih yang satu ini.

Dengan memanfaatkan secret chat, keamanan Anda akan lebih terjamin. Fitur ini menggunakan teknologi client to client yang menggunakan protokol keamanan MTProto. Teknologi ini membuat percakapan yang berlangsung tidak akan tersimpan di server cloud. Tentu saja fitur ini tidak sama dengan chat biasa yang memang secara otomatis akan tersimpan di cloud.

Bukan itu saja, dengan memakai secret chat maka pengguna tidak bisa sembarangan screenshot. Beberapa kelebihan yang ada pada fitur ini antara lain:

  • Terdapat teknologi enkripsi end-to-end seperti yang juga Anda temukan pada WA
  • Semua pesan tidak akan tersimpan di server cloud
  • Anda juga tidak akan bisa sembarangan dalam meneruskan pesan atau forward
  • Selain itu, Anda juga tidak bisa sembarangan di dalam mengambil gambar atau screenshot
  • Fitur ini juga menyediakan fitur penghancur otomatis. Untuk jangka waktunya mulai 1 detik sampai dengan 1 minggu

2. Grup Telegram

Fitur kedua yang menjadi andalan adalah grup Telegram. Tentu saja banyak aplikasi chatting yang menyediakan grup seperti WhatsApp dan Line. Namun Telegram menghadirkan sesuatu yang berbeda. Jika WA hanya mampu menampung maksimal 256 anggota, berbeda dengan Telegram. Aplikasi ini mampu menampung anggota dengan jumlah puluhan kali lebih banyak dari WA.

Grup Telegram mampu menampung hingga 200 ribu anggota. Tentu saja dengan jumlah yang sangat banyak tersebut Anda tidak perlu bingung memilih siapa saja anggota grup Anda. Semuanya bisa Anda masukkan dan semua pun boleh bergabung.

3. Channel Telegram

Selain menghadirkan grup, Telegram juga menghadirkan fitur channel. Fitur ini hadir pada September 2015. Tujuannya adalah untuk membuat komunitas tertentu dengan jumlah yang tidak terbatas. Dari segi fungsi tidak jauh berbeda dengan grup. Namun yang boleh mengirim pesan di channel adalah pembuat channel tersebut. Channel banyak dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi satu arah atau broadcast.

4. BOT Telegram

Pada Juni 2015, Telegram menghadirkan platform bagi para pengembang atau developer jika ingin membuat akun bot. Bot adalah sebuah akun yang bisa beroperasi secara otomatis. Misalnya Anda mengirimkan pesan yang dapat dipahami bot, secara otomatis bot akan membalas pesan Anda. Fitur bot pada aplikasi Telegram ini hadir untuk beragam kebutuhan seperti download, game, pembayaran atau payment, dan lain-lain.

Kelebihan dan Kekurangan Telegram

aplikasi Telegram

Setelah mengetahui informasi terkait pengertian dan fitur Telegram, Anda mungkin masih penasaran apa saja kelebihan aplikasi ini, Telegram memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang akan kami jelaskan di bawah ini.

1. Kelebihan Telegram

Beberapa kelebihan yang Anda temukan ketika menggunakan Telegram antara lain:

  • Tingkat Keamanan Tinggi: kelebihan pertama adalah Telegram termasuk aplikasi dengan tingkat keamanan tinggi. Aplikasi ini menggunakan teknologi MTProto dan enkripsi RSA 2048, AES 256-bit, dan juga Diffe-Hellman. Bahkan tidak sedikit yang mengatakan Telegram merupakan aplikasi chatting yang paling aman saat ini
  • Berbasis Cloud: seperti yang telah kami jelaskan bahwa semua file akan tersimpan pada server cloud. Ini membuat data Anda lebih terjamin keamanannya
  • Bisa Mengirim File Besar: kelebihan lainnya yang mungkin hanya bisa Anda temukan di sini adalah Telegram mampu mengirimkan file berkapasitas besar. Bahkan Anda memiliki opsi apakah akan mengirimkan file sesuai dengan ukuran aslinya atau mengompressnya terlebih dahulu. Adapun batas maksimal file yang bisa Anda kirim adalah 1.5 GB
  • Kapasitas Grup Besar:  aplikasi Telegram mampu menampung anggota sebanyak 200 ribu untuk setiap grup. Ini memberikan kebebasan kepada Anda karena bisa menambahkan siapa saja ke dalam grup tanpa perlu khawatir grup Anda penuh

2. Kekurangan Telegram

Sementara itu, beberapa kekurangan dari Telegram adalah sebagai berikut:

  • Tidak Dapat Update Status: bagi Anda yang suka update status, Telegram tentu bukan aplikasi yang cocok. Di sini Anda tidak bisa update status seperti yang Anda lakukan di WhatsApp. Anda juga tidak bisa membuat story seperti yang biasa orang-orang lakukan di Instagram maupun WA
  • Tidak Bisa Video Call: bukan hanya update status, ternyata Anda juga tidak bisa melakukan video call. Anda hanya bisa melakukan panggilan suara. Jadi, jika Anda sudah terbiasa melakukan video call, maka Telegram bukan merupakan aplikasi yang tepat untuk Anda
  • Banjir Obrolan di Grup: memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak tentu merupakan sebuah keuntungan. Di sisi lain, akan banyak obrolan di grup tersebut karena yang bergabung bisa ratusan atau bahkan ribuan. Ini terkadang membuat Anda malas membaca obrolan tersebut. Terkadang Anda juga melewatkan bagian penting dari obrolan tersebut karena saking banyak orang yang aktif di grup tersebut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *