Aplikasi Inventory Barang
Aplikasi Inventory Barang

Aplikasi Inventory Barang

Diposting pada

Aplikasi inventory barang bermanfaat untuk mengawasi dan mengontrol pembelian barang, mengelola stok. Aplikasi ini juga bermanfaat untuk mengontrol jumlah produk yang akan Anda jual sampai dengan melacak pesanan hingga mencapai pelanggan. Sebenarnya Anda bisa menggunakan Google Spreadsheet, Excel, maupun alat manual yang lain untuk mengetahui database inventaris serta menentukan pemesanan.

Akan tetapi, cara tersebut masih kurang efektif. Anda tidak dapat mengetahui berapa banyak barang yang dipesan, kapan waktu terbaik memesan barang, atau mana gudang yang menyimpan stok tertentu. Hal ini membuat Anda harus menghabiskan lebih banyak waktu, tenaga, dan biaya karena Anda harus mengeceknya secara manual. Maka dari itu, aplikasi yang akan kami bagikan ini merupakan solusi yang terbaik.

Daftar Aplikasi Inventory Barang Terbaik dengan Fitur Lengkap

1. Stockpile

aplikasi inventory barang

Aplikasi inventory barang untuk memudahkan pekerjaan Anda yaitu Stockpile. Kita tahu bahwa setiap barang mempunyai model, merek, serta kategori yang bebeda-beda. Stockpile memiliki fitur di mana Anda bisa memasukkan produk dengan berdasarkan scan barcode. Aplikasi ini bisa diakses oleh karyawan Anda untuk menambahkan berbagai macam produk ke dalam inventaris.

Selain itu, mereka juga bisa melihat apa saja item yang masih tersedia, menandai item yang telah terjual maupun masih dikemas. Stocpile memilki tampilan yang cukup sederhana. Jadi, Anda bisa langsung memahami apa yang harus Anda lakukan karena menu-menunya pun juga memberikan informasi yang jelas.

2. Veeqo

Veeqo merupakan aplikasi berbasis cloud yang sudah terintegrasi dengan beberapa platform e-niaga yang populer. Beberapa contohnya yaitu Shopify, Magento, Amazon, eBay, Etsy, dan juga UPS. Aplikasi ini bisa Anda gunakan jika Anda menjalankan bisnis pada beberapa lokasi yang berbeda atau bercabang. Salah satu fitur unggulan yang ada pada Veeqo adalah melakukan tracking inventaris multi-gudang pada beberapa lokasi secara real-time.

Fitur tersebut akan membantu Anda ketika ingin mengecek masuk dan keluarnya barang dari berbagai toko atau cabang yang Anda miliki. Ini akan menghemat banyak waktu dan tenaga Anda daripad Anda harus mencarinya satu per satu. Selain itu, aplikasi ini juga membantu menjaga agar inventaris Anda tetap sinkron sehingga menghindari risiko terjadinya selisih jumlah.

Anda juga bisa mengecek berbagai pesanan yang telah diterima oleh toko maupun cabang mana pun yang Anda miliki. Anda juga bisa mengecek penjualan maupun memperbarui stok. Masih banyak kemudahan-kemudahan lainnya yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan Veeqo.

Baca Juga: Aplikasi Stiker WA yang Gratis

3. Equip

Aplikasi untuk inventory barang yang satu ini bisa Anda download di Play Store. Equip merupakan software yang menjadi solusi bagi Anda yang ingin mengelolah berbagai barang dengan mudah dan cepat. Anda bisa mengecek dan mengelola berbagai barang mulai dari makanan, minuman,  ritel, barang-barang grosir, konstruksi, dan berbagai barang lainnya. Fitur-fiturnya yang tidak kalah lengkap dengan aplikasi lain menjadikannya sebagai salah satu yang direkomendasikan untuk keperluan inventory barang.

Dengan menggunakan Eqiup Anda bisa mengecek jumlah stok, mengecek proses pengemasan, scan barcode, dan lain sebagainya. Anda juga bisa melakukan pengecekan atau tracking terhadap barang yang masih ada di perjalanan. Tentu akan sangat memudahkan karena Anda bisa mengetahui status dari barang tersebut apakah sudah sampai ke penerima atau belum. Jika Anda tertarik, silakan download Equip dan Anda akan menjadikan aplikasi ini sebagai aplikasi pilihan terbaik Anda.

4. Netsuite

aplikasi inventory barang

Netsuite merupakan aplikasi inventory barang yang cocok untuk berbagai macam skala bisnis. Bisnis start-up sampai enterprise semuanya bisa menggunakan Netsuite. Terlebih lagi aplikasi ini dapat Anda gunakan secara gratis dan Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun untuk mendownload maupun menggunakannya. Netsuite juga telah mendukung kurang lebih 19 bahasa sehingga sangat cocok digunakan oleh semua pebisnis.

Netsuite dapat digunakan oleh semua karyawan maupun manajer. Dengan aplikasi ini, Anda juga bisa melakukan otomatisasi terhadap restock dengan cukup menyalakan notifikasi ketika stok barang tersebut mulai berkurang. Jadi, ketika status barang sudah mulai berkurang, Anda akan menerima pemberitahuan sehingga Anda bisa mulia mengisi stok tersebut.

Melalui Netsuite, Anda juga bisa mengatur lead time. Tingkat minimum stok juga bisa Anda atur di sini. Jadi, Anda tinggal memperkirakan kira-kira berapa batas minum dari stok barang yang Anda miliki.

5. Delivrd

Aplikasi berikutnya yang akan kita bahas adalah Delivrd. Sebenarnya aplikasi ini berbayar sehingga Anda harus mengeluarkan uang untuk mendapatkan lisensinya. Akan tetapi, bagi Anda yang penasaran dan hanya ingin mengetahui seberapa efektif Delivrd, maka Anda bisa menggunakan versi uji coba atau trial version. And akan mendapatkan waktu trial selama 30 hari sebelum Anda harus mengupgrade-nya ke versi premium.

Untuk versi gratisnya memang sangat terbatas. Anda tidak bisa menggunakan semua fiturnya sehingga mau tidak mau Anda harus meningkatkan ke versi berbayar. Delivrd hanya mengizinkan 10 produk, satu lokasi, dan dengan satu pengguna. Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan akses secara penuh dan bisa Anda gunakan untuk lebih dari satu pengguna, silakan membeli versi premium. Bahkan aplikasi ini akan memberikan informasi kepada Anda terkait laporan laba rugi.

Baca Juga: Aplikasi Perekam Layar Di HP

6. Zoho Inventory

Zoho memberikan penawaran di mana Anda bisa memilih 4 paket langganan dengan harga yang bebeda. Anda tinggal menyesuaikan berapa banyak pesanan serta gudang yang Anda kelola. Salah satu keunggulan dari Zoho Inventory adalah terdapat fitur multi gudang. Jadi, Anda bisa dengan mudah dalam mentransfer barang antar gudang. Aplikasi ini juga mempermudah Anda dalam melakukan sinkronisasi terhadap semua platform penjualan Anda.

Fitur lainnya yang juga tidak kalah canggih yaitu Zoho Inventory menawarkan kemudahan dalam manajemen pesanan, barang, pengemasan, scan kode barang, serta pelacakan terhadap lokasi inventaris. Mayoritas fungsi yang terdapat pada Zoho Inventory tersedia untuk perangkat seluler. Jadi, Anda cukup mengelola bisnis hanya melalui smartphone kapan saja dan di mana saja.

7. SAP Business One

aplikasi inventory barang

Salah satu hal yang menjadi unggulan dari SAP Business One adalah Anda bisa terhubung ke berbagai bisnis yang Anda jalankan kapan pun dan di mana pun. Anda bisa mengunduhnya di smartphone karena SAP tersedia untuk versi mobile. Sudah banyak pengguna yang memanfaatkan aplikasi ini untuk berbagai kebutuhan seperti melihat dan membuat laporan, menangani penjualan, mengelola kontrak, dan lain-lain.

Pengguna SAP Business One bukan hanya karyawan saja. Manajer, perwakilan penjualan, bagian eksekutif, dan bahkan teknisi layanan pun juga bisa menggunakan aplikasi ini. Anda juga bisa memperoleh pemberitahuan terkait laba kotor maupun batas kredit yang sudah Anda targetkan.

Itulah informasi tentang apa saja aplikasi inventory barang yang bisa Anda gunakan. Sebenarnya masih ada beberapa aplikasi lainnya yang juga bisa Anda gunakan untuk keperluan inventory barang. Anda tinggal memilih mana di antara aplikasi-aplikasi tersebut yang menurut Anda paling sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *